DANA di sepanjang tahun 2022. Kondisi ini juga ditandai dengan terus meningkatnya unduhan aplikasi DANA pada kuartal ketiga tahun 2022 di mana DANA menduduki peringkat pertama untuk aplikasi kategori Finance (Keuangan) di Indonesia, baik di iOS App Store maupun Google Play, berdasarkan data.ai (sebelumnya App Annie)/ist
Jakarta | Garda.id
Revolusilayanan keuangan digital telah membuka banyak peluang, mulai dari membentukkebiasaan baru hingga memperluas akses layanan keuangan digital yang dapatmemacu laju pertumbuhan ekonomi digital nasional. Berdasarkan hasil surveiKementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dalam “Status Literasi Digitaldi Indonesia 2021” saja, sebanyak 26,4 persen masyarakat paling tidakmenggunakan dompet digital selama sebulan sekali 22,8 persen lainnya beberapabulan sekali.[1]
Preferensimasyarakat dalam memanfaatkan layanan keuangan digital untuk mendukung aktivitasdan produktivitas kehidupan hariannya juga dirasakan oleh DANA di sepanjangtahun 2022. Kondisi ini juga ditandai dengan terus meningkatnya unduhanaplikasi DANA pada kuartal ketiga tahun 2022 di mana DANA menduduki peringkatpertama untuk aplikasi kategori Finance (Keuangan) di Indonesia, baik di iOSApp Store maupun Google Play, berdasarkan data.ai (sebelumnya App Annie).
“Adanyalonjakan pertumbuhan unduhan aplikasi DANA, menjadi indikator positif darimenguatnya adopsi dan kepercayaan masyarakat terhadap layanan keuangan digital.Selain menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat masa kini, layanan keuangandigital terbukti mampu mendukung masa depan masyarakat lewat fitur-fiturseperti asuransi dan investasi. Oleh karena itu, konsistensi lonjakanpertumbuhan unduhan aplikasi DANA menjadi dorongan bagi kami untuk mengembangkanfitur dan produk berikutnya dan memberikan pengalaman bertransaksi terbaikkepada seluruh pengguna,” ujar Rangga Wiseno, Chief of Product DANAIndonesia.
Selainmenempati peringkat pertama di kategori aplikasi Finance, DANA juga selalu munculdi jajaran "Everyone's Favorites" di iOS App Store di Indonesia, tepatnyadi posisi keempat pada akhir September 2022. Bahkan, DANA juga mendudukiperingkat kedua berdasarkan Top Active Users atau pengguna aktif bulanan di kategoriaplikasi Finance (Keuangan) di Indonesia, pada iPhone dan Android, antaraJanuari hingga Agustus 2022.
Sederet pencapaianDANA tersebut tidak luput dari salah satu komitmen DANA untuk membangunkepercayaan pengguna dengan menjadi aplikasi layanan keuangan digital yangramah pengguna (friendly). DANA mewujudkannya dengan terusberfokus pada produk dan berorientasi pada kebutuhan dan karakteristik pengguna,tanpa mengurangi jaminan keamanannya.
Menurut Rangga, setiap produk yang baik memiliki tiga pilaryang saling berkaitan satu sama lain, baik dari aspek teknologi, pengguna, danbisnis. “Dalam setiap pengembangan produk di aplikasi DANA,
kamiselalu melihat apakah produk tersebut mampu memecahkan permasalahan dankebutuhan pengguna, memberikan solusi lewat teknologinya yang berlapis, danmemberikan dampak yang baik untuk keberlangsungan DANA secara keseluruhan,”imbuhnya.
KeseriusanDANA dalam memperkaya pengalamanpengguna tercermin dalam salah satu fiturnya, yaitu Kirim Uang, yang terusdiiterasi sesuai dengan permasalahan dan kebutuhan pengguna yang makin kompleks.Fitur Kirim Uang yang awalnya hanya dapat digunakan untuk mentransfer uang kesesama pengguna, akun bank, dan mediasosial, kini juga memungkinkan penggunanya untuk mengirim uang kepada penerimayang tidak memiliki akses ke layanan keuangan digital, baik bank ataupunnonbank. Penerima dapat mencairkan uang yang dikirim dari aplikasi DANA, melaluiATM BCA, Alfamart, Pegadaian, atau agen terdekat lainnya yang terhubung denganDANA.
Gunamengoptimalkan setiap fitur dan produk yang dikembangkan, DANA juga senantiasa membekaliaplikasinya dengan teknologi berlapis untuk menjamin keamanan data dantransaksi pengguna. Contohnya, DANA mengembangkan DANA VIZ (Visual IdentityAuthoriZation) atau autentikasi wajah yang bisa diaktifkan oleh pengguna saatmenyelesaikan pembayaran di aplikasi DANA. Tentunya, DANA juga melengkapiaplikasinya dengan sederet teknologi lain seperti risk engine untukmemitigasi risiko dan sertifikasi keamanan berskala internasional.
Terakhir,DANA tidak lupa mengevaluasi kepuasan pengalaman bertransaksi digital pengguna secaraberkala, sebagai acuan untuk memperbaiki setiap aspek layanan keuangan digitalDANA. DANA terus mengumpulkan & mendengarkan suara pengguna melaluiberbagai kanal seperti Media Sosial, Ulasan Aplikasi (Google Play & AppStore), Survei Customer Satisfaction Score (CSAT), hingga Survei Net PromoterScore (NPS) yang dapat pengguna berikan usai penggunaan setiap fitur DANA.
“Dengan menjadikanpengguna di titik pusat inovasi DANA, kami percaya DANA dapat mempermudahkehidupan pengguna dan membantu pengguna mencapai potensi terbaik di hidupnya.DANA juga dapat menjadi layanan keuangan digital yang terus bertumbuh sehat,berkelanjutan, dan berdampak positif bagi ekonomi digital Indonesia,” pungkasRangga.
Tentang DANA
DANA (PT Espay Debit IndonesiaKoe) adalah perusahaan teknologi keuangan berbasis dompet digital yangmenyediakan platform pembayaran dan layanan keuangan di Indonesia. Sejakdiluncurkan pada Desember 2018, DANA kini telah menjangkau lebih dari 115 jutapengguna di Indonesia. DANA menyediakan solusi transaksi digital nan lengkapyang aman, mudah, dan nyaman bagi pengguna, merchant,dan lembaga keuangan. Solusi DANA, yang dikembangkan oleh para engineer teknologi keuangan terdepan diIndonesia, bertujuan untuk memajukan dan mempercepat literasi dan inklusikeuangan di Indonesia. Selain pemberdayaan keuangan digital, DANA juga berupayauntuk mendorong masyarakat Indonesia melalui inisiatif sosial yang berdampakdan berfokus pada pemberdayaan perempuan dan pelestarian lingkungan.
Tentang data.ai (sebelumnya App Annie)
data.ai dengan jelas menetapkanstandar seluler dan sekarang menjadi standar data terpadu. Sebagai sumbertepercaya untuk ekonomi digital, misi kami adalah menjadi perusahaan AI DataTerpadu pertama yang menggabungkan data konsumen dan pasar untuk memberikanwawasan yang didukung oleh kecerdasan buatan. Kami dengan penuh semangatmelayani klien perusahaan untuk menciptakan pengalaman digital yang unggul bagipelanggan mereka.
Untuk keterangan lebih lanjut bisamenghubungi:
DANA
Putri Dianita
VP of Corporate Communications
E-mail: putri.dianita@dana.id
data.ai
Anushia Nair
Senior Communications Manager
E-mail: anair@data.ai
The Hoffman Agency on behalf of data.ai
Email: data.aiSG@hoffman.com
relis