HMNS bekerja sama dengan perkebunan-perkebunan lokal untuk bahan-bahan produk HMNS, salah satunya adalah kebun yang terletak di Aceh./ist
Indonesia | Garda.id
Parfum atau wewangiantubuh telah menjadi kebutuhan sehari-hari. Tidak hanya menambah kesegaran,parfum juga dapat meningkatkan kepercayaan diri saat melakukan aktivitas diluar rumah. Tingginya kebutuhan akan produk wewangian ini, turut berdampak padatren penjualan parfum termasuk merek lokal di Tokopedia.
“Menurut data internalkami, jumlah pembeli dan transaksiproduk parfum, fragrance dan cologne naik hampir 2,5x lipat pada September 2022 dibandingkan periode yangsama tahun lalu,” ungkap Category Development(Beauty and Personal Care) Senior Lead Tokopedia, Sherine Pranata.
Sementara itu,Tokopedia juga mencatat Kabupaten di Indonesia dengan peningkatan jumlahtransaksi parfum, fragrance, dan cologne pada kuartal III 2022dibandingkan kuartal III 2021 ada di Kabupaten Kampar (Riau), Jepara (JawaTengah), Demak (Jawa Tengah), Lampung Tengah (Lampung), Bungo (Jambi).Sedangkan kecamatan dengan transaksi tertinggi ada di Tahunan (Banten),Rajabasa (Lampung), Cibeber (Jawa Tengah), Jatinangor (Jawa Barat), Simokerto(Jawa Timur).
Di sisi lain, Tokopediajuga mengungkapkan bahwa jumlah penjualparfum, fragrance, dan cologne naik hampir 1,5x lipat pada September 2022 dibandingkan September2021.
Ciptakan Produk Parfum LokalBerkualitas, HMNS Gandeng Pegiat Usaha Lokal
Salah satu produsenparfum lokal yang saat ini sedang naik daun adalah HMNS. Ketertarikan CEO and Founder HMNS, Rizky Arief Dwi dalammembuat usaha ini berawal dari keresahannya melihat harga parfum yang beredardi pasar sangat mahal.
“Saat saya memulaiusaha ini di 2019, belum banyak penghasil parfum di Indonesia. Di sinilah sayamelihat peluang usaha sambil menciptakan produk parfum berkualitas dengan hargaterjangkau. Sekaligus juga terus mengenalkan bahan baku mentah asli dariIndonesia,” jelasnya.
Dalam menghasilkanproduk parfum yang berkualitas, Rizky pun berkolaborasi dengan 15-20 produsenlokal mulai dari pabrik hingga pengemasan. Ia menambahkan, “Kami juga bekerjasama dengan perkebunan-perkebunan lokal untuk bahan-bahan produk HMNS, salahsatunya adalah kebun yang terletak di Aceh.”
Manfaatkan Tokopedia, Jangkau Pasar yangLebih Luas
Tokopedia sejak awaltelah menjadi platform teknologi yangdipilih HMNS dalam memasarkan produknya. “Sejak menggunakan Tokopedia, kamidapat memperluas jangkauan produk kami hingga Papua, sehingga menumbuhkanpendapatan hingga 20-30 kali lipat,” terang Rizky.
HMNS pun kerapmengikuti beberapa kampanye Tokopedia seperti Tokopedia Beauty Dealight danTokopedia Beauty Awards. “Sejak aktif dalam kampanye tersebut, keuntungan kamipun naik sebesar 2x lipat,” tambahnya. Selain aktif mengikuti kampanyeTokopedia, Rizky turut menyampaikan bahwa dalam waktu dekat HMNS akanberkolaborasi dengan figur publik dalam varian produk barunya dan akan dijualpada laman Official Store HMNS.
“Tokopedia terusberkomitmen dalam memberikan panggung seluas-luasnya bagi pegiat usaha lokal,termasuk UMKM dalam memulai hingga mengembangkan bisnisnya, salah satunya lewatinisiatif hyperlocal. Harapannya agarproduk lokal dapat meraja di negeri sendiri dan terus menjadi pilihan utamamasyarakat Indonesia,” tutup Sherine Pranata.