Inilah Produk Kebutuhan Anak Paling Laris di Tokopedia Selama Kuartal III 2022

Garda.id - Kamis, 03 November 2022 03:18 WIB
Inilah Produk Kebutuhan Anak Paling Laris di Tokopedia Selama Kuartal III 2022

 

Tokopedia mencatat kategori Ibu dan Anak masih menjadi salah satu kategori yang paling laris di Tokopedia pada 2022. "Transaksi pada kategori ini terus meningkat/ist

Jakarta | Garda.id

Tokopedia mencatatkategori Ibu dan Anak masih menjadi salah satu kategori yang paling laris diTokopedia pada 2022. "Transaksi pada kategori ini terus meningkat. Bahkanpada Semester I 2022, tercatat jumlahtransaksi sub kategori Ibu dan Anak naik lebih dari 1,5x lipat dibandingkandengan periode yang sama di 2021,” terang Headof Category Development Tokopedia, RamadhanNiendraputra.

 

Ia menambahkan, “Dikuartal III 2022, produk seperti Makanan & Susu Bayi, Popok,Perlengkapan Mandi Bayi Perawatan Bayi, dan PerlengkapanMakan Bayi merupakan beberapa produk yang paling banyak diburu pada sub kategori Ibu dan Anak. Sementara di sub kategori Fesyen Anak, Tas Ransel Anak, Kaos Anak Laki-Laki,Sneakers Anak Laki-Laki, Setelan Anak Laki-Laki, dan Dress Anak Perempuan menjadi yang paling laris di kuartal III ini.”

 

Jumlah pembeli untuk kategori ini punsemakin meningkat. Tokopedia mencatat ada kenaikan sekitar 1,5x lipat pada Semester I 2022 dibandingkan dengan Semester I2021. Di sisi lain, KotaMedan, Palembang, Bandung, Semarang, Surabaya, dan Kabupaten Sidoarjo menjadiKota/Kabupaten dengan transaksi tertinggi di kategori Ibu dan Anak Tokopedia.

 

Tren ini turut didorongoleh sederet inisiatif dari Tokopedia untuk memenuhi kebutuhan orang tua akanproduk yang berkaitan dengan anak. Seperti TokopediaParents, sebuah ekosistem khusus di Tokopedia untuk mempermudahmasyarakat, terutama komunitas orang tua, mendapatkan produk kebutuhan sertainformasi relevan berkaitan dengan anak, keluarga dan rumah tangga.

 

“Data internal kamimencatat bahwa jumlah penjual yangikut dalam Tokopedia Parents pun naik lebihdari 3x lipat pada kuartal III 2022 dibandingkan kuartal III 2021,” terangRamadhan.

 

Kalale, Hasilkan Produk yang Fungsionaldengan Harga Terjangkau

 

Berangkat darikesulitannya dalam mencari pakaian bayi yang nyaman dan multifungsi denganharga terjangkau, Febrina Oktaviani,akhirnya mendirikan Kalale. “Setiap produk yangkami buat, tidak hanya nyaman dan praktis bagi anak, tapi juga memiliki ceritasendiri. Inilah yang membedakan produk kami dengan yang lainnya,” jelasnya.

 

Dalam memasarkanproduknya, Oktaviani memanfaatkan platformdigital seperti Tokopedia. “Meskipun baru memulai usaha di awal pandemi,namun omzet kami di Tokopedia sudah bisa mencapai hingga ratusan juta rupiahsetiap bulannya,” terangnya.

 

Hal ini pun tentunyadidorong dengan aktif mengikuti mengikuti kampanye di Tokopedia, termasukTokopedia Parents. Ia memaparkan, “Saya merasa aktif mengikuti program kampanyedi Tokopedia menjadi salah satu kunci dalam meningkatkan penjualan. Terbukti,penjualan kami naik hingga mencapai 3xlipat saat mengikuti kampanye di Tokopedia.”

 

Di sisi lain, Tokopediajuga terus menggencarkan inisiatif hyperlocal untuk lebih mendekatkanUMKM lokal di berbagai daerah, termasuk kategori yang berhubungan dengan produkkebutuhan anak, dengan pembeli setempat agar memiliki kesempatan yang samauntuk bertumbuh. “Tercatat pengiriman terjauh untuk kategori Ibu dan Anak sertaFesyen Anak terjadi dari Banten ke NTT (Kupang),” tutup Ramadhan.red

 

Editor
: Garda.id
Sumber
:

Berita Terkait

Ekonomi

Parkir Liar di Jalan Kartini Diduga Dibeckup Oknum DPRD, Wali Kota Diminta Evaluasi Kadis Perhubungan

Ekonomi

Kajatisu Silaturahmi Ke PWI Sumut, Harli Siregar : Jaksa Jangan Cawe-Cawe Proyek dan Main Dana Desa

Ekonomi

Ketua TI Sumut Bangga, Atlet Raih Medali di Kejuaraan Internasional Piala Panglima TNI

Ekonomi

JMSI Sumut Siap Gelar Musda, Rianto Ahgly : Mari Bergotong Royong Demi Kesuksesan Acara

Ekonomi

BAKOPAM Sumut Gelar Jumat Berkah, Salurkan Santunan untuk Janda di Medan dan Deliserdang

Ekonomi

Musda JMSI Teguhkan Komitmen Mengawal Arus Informasi Akurat