Saat ini, kita berada di era social commerce, di mana
masyarakat cenderung mencari inspirasi melalui media sosial sambil berbelanja atau sebaliknya. Era social commerce menjadi peluang bagi pegiat usaha di Indonesia.ist
Jaarta | Garda.id
Saat ini, kitaberada di era social commerce, dimana masyarakatcenderung mencari inspirasi melalui media sosial sambil berbelanja atausebaliknya. Era social commerce menjadi peluang bagi pegiat usaha di Indonesia,termasuk UMKM lokal, untuk menghadirkan pengalaman berbelanja yang lebihinteraktif dan relevan bagi konsumen. Hal ini melatarbelakangi Tokopedia untuk menghadirkan berbagai inovasi yang sesuaidengan kebutuhan di era social commerce,salah satunya Tokopedia Affiliate, yangtelah hadir sejak awal 2022.
Tokopediamelalui Tokopedia Affiliate mempermudahsiapa pun menjadi influencer danmendapatkan komisi dengan mempromosikan jutaan produk di Tokopedia melaluilink afiliasi yang dibagikan lewat media sosial serta memberikan nilai tambahpada strategi pemasaran para pegiat usaha. Seorang Tokopedia Affiliateberkesempatan mendapatkan komisi hingga 10%, dengan nilai maksimum Rp 50 ribuper penjualan jika terjadi transaksi dari link afiliasi yang dibagikan.
KehadiranTokopedia Affiliate juga turut memberikan kontribusi terhadap pertumbuhanpegiat usaha lokal di Indonesia. Tercatat bahwa jumlah produk yangdibagikan oleh Affiliate melalui Tokopedia Affiliate melonjak lebih dari 2 kali lipat sepanjangsemester I 2023 dibandingkan semester I 2022.
Tokopedia melalui Nirmala Rahmawati Hapsari, selaku AVP of ContentMaking Platform Tokopedia mengatakan, “ProgramTokopedia Affiliate adalah sebuah program yang dapat diikuti oleh siapapununtuk menjadi Influencer danmendapatkan komisi pada setiap produk Tokopedia yang terjual dengan caramembagikan link produk yang di-generate melalui Tokopedia Affiliate platform ke berbagai kanal media sosialserta situs publik lainnya.”
Pertumbuhan Tokopedia AffiliateProgram di Wilayah Indonesia
TokopediaAffiliate dapat membantu penjual meningkatkan awareness terhadap produk, memperluas jangkauan pasar hinggameningkatkan penjualan. Melalui Tokopedia Affiliate, bersama penjual, pembeli,dan para mitra strategis lain, Tokopedia konsisten untuk fokus mengakselerasipemerataan ekonomi secara digital di Indonesia, sambil turut meningkatkanpertumbuhan pengguna Tokopedia Affiliate di berbagai wilayah Indonesia.
“Seiring bertumbuhnyapengguna Tokopedia Affiliate, peningkatan jumlah pengguna sepanjang semester 12023, dibandingkan semester 1 2022 terjadi di beberapa wilayah, di antaranya Kab. Kotawaringin Timur (Kalteng), KotaManado (Sulut), Kab. Lombok Barat (NTB), Kab. Musi Banyuasin (Sumsel), dan KotaKupang (NTT),” ucap Nirmala.
Nirmala juga menambahkan,“Menurut data internal kami, selama semester 1 2023, beberapa kategori yangpaling sering direkomendasikan melalui Affiliate adalah Makanan dan Minuman, Fesyen, Rumah Tangga hingga Komputer dan Laptop.”
Tokopedia jugamengungkapkan bahwa pengguna TokopediaAffiliate yang aktif khususnya di wilayah Sumatra, Jawa Timur, dan Balimengalami rata-rata kenaikan hingga lebihdari 2,5 kali lipat sepanjang semester 1 2023 dibandingkan semester 1 2022.
Affiliate Jambi hingga Bali RaihUntung Jutaan Rupiah lewat Tokopedia Affiliate
Rindi Fitri, seorang fresh graduate lulusan Ekonomi Manajemenasal Jambi, mulai memanfaatkan Tokopedia Affiliate sejak November 2022. Rindimemanfaatkan aplikasi chat WhatsApp(WA) dan Telegram untuk membagikan link produkTokopedia dengan harga menarik. Dari linkyang dibagikannya kepada hampir 300 memberdi grup WhatsApp dan sebanyak 2700 anggota di Telegram, Rindi berhasilmembiayai diri sendiri dan keluarga dengan pemasukan jutaan rupiah di luarkomisi ekstra.
“Saya aktif memanfaatkanTokopedia Affiliate karena Tokopedia punya banyak kampanye promosi. Saya jugarutin mengikuti kampanye KejarDiskon!, WIB, dan CantikFestdi Tokopedia untuk memudahkan membagikan rekomendasi produk dengan hargaekonomis kepada anggota yang bergabung di WA dan Telegram yang saya miliki,”ucap Rindi yang mendapatkan komisi paling tinggi di kategori sembako.
Sementarapemilik akun Kukka Berburu Sale yang berlatar belakangsebagai ibu rumah tangga asal Surabaya ini, juga memanfaatkan TokopediaAffiliate sejak 2021 Agustus. Dari komisi yang ia dapat, Kukka Berburu Salemengaku dapat membantu finansial keluarga seperti memenuhi kebutuhan harian,mulai dari membeli popok, hingga susu untuk anak semata wayangnya.
“Sebagaiibu yang mempunyai anak balita, saya harus cerdas membagi waktu untuk menggaliinformasi tentang kampanye Tokopedia, salah satunya Tokopedia BeautyFlash Friday dan membagikan link promoproduk secara konsisten. Para anggota di Twitter dan Telegram biasanya langsungberlomba-lomba membeli produk hingga stoknya habis,” ucap Kukka Berburu Saleyang mengaku mendapatkan komisi tinggi darilink produk Tokopedia di kategori kecantikan.
Data internal Tokopediajuga menunjukkan bahwa jumlah transaksimelalui link Tokopedia Affiliatedi wilayah Sumatra, Jawa Timur, dan Bali mengalami rata-rata kenaikan hingga lebih dari 2,5 kali lipat padasemester 1 2023 dibandingkan periode yang sama di 2022.
Keuntunganyang sama juga dialami I Gede SuarthaEriyasa, seorang pemuda asal Bali yang bergabung dengan Tokopedia Affiliatepada 2021. Suartha mengaku komisi yang ia peroleh dari Tokopedia Affiliatedapat membantunya memiliki penghasilan ketika belum mendapatkan pekerjaan. Kinisetelah sukses menghasilkan jutaan rupiah per bulannya berkat TokopediaAffiliate, Suartha yang saat ini bekerja sebagai pekerja lepas reparasi laptop dan komputer, dapat menyimpan pendapatannya sebagai investasiuntuk mengembangkan usaha dan sebagai dana darurat untuk pengeluaran takterduga.
Suarthapun membagikan tips sukses menjadi konten kreator di Tokopedia Affiliate, “Yangutama adalah cari tahu dan tentukan bidang yang ingin dibahas. Seperti saya, memilihkategori elektronik mulai dari laptop hingga handphone karena ini merupakan bidang yang saya kuasai. Setelahnya,tentukan target audiens dan produksi konten yang relevan untuk masyarakat.Strategi efektif lainnya agar menarik perhatian followers, saya rutin membagikan link produk dari kampanye WIB di Tokopedia,” ucap Suartha yangmendapatkan komisi tertinggi di kategori elektronik.
“Agardapat meningkatkan skill membuatkonten, Tokopedia juga menyediakan wadah bagi para Affiliate melalui komunitas AkademiKreator Tokopedia. Di sini para Affiliate bisa salingmendukung serta berbagi ilmu bersama kreator konten lain yang lebihberpengalaman. Selain itu, cara bergabung Tokopedia Affiliate pun sangat mudah,yakni hanya perlu memiliki akun Tokopedia dan mendaftar ke affiliate.tokopedia.com, aktif di mediasosial, tanpa ada ketentuan minimum jumlah pengikut,” tutup Nirmala.
rel